Selasa, 03 April 2012

Uang


1.   PASAR UANG

1.1        Konsep Pasar Uang
Konsep pasar uang adalah Pertemuan antara permintaan akan uang dengan penawaran akan uang. Permintaan akan uang adalah Kebutuhan masyarakat akan uang tunai tidak menunjang kegiatan ekonominya. Sedangkan penawaran akan uang adalah Jumlah uang yang disediakan oleh pemerintah dan Bank-bank yaitu seluruh uang kartal dan uang giral yang beredar.
Pasar uang adalah Pertemuan antara pemintaan dan penawaran sehingga terjadi transaksi untuk menggunakan uang (untuk dibelanjakan barang dan jasa ) untuk jangka waktu tertentu. Jadi di pasar tersebut terjadi transaksi pinjam meminjam dana, yang selanjutnya menimbulkan hubungan hutang-piutang.

Motif Menahan Uang / Menahan Uang
Menurut Keynes, motif atau alasan masyarakat menahan uang adalah sebagai berikut:
a)      Motif Transaksi (Transaction Motive)
Di dalam perekonomian modern dengan tingkat spesialisasi yang tinggi, uang sangat diperlukan. Spesialisasi yaitu keadaan setiap orang telah dapat mengkhususkan diri pada pekerjaan yang ia sukai dan sesuai keahliannya. Setiap orang yang bekerja ingin memperoleh upah atau uang untuk membeli (transaksi) barang-barang kebutuhannya. Jumlah permintaan uang untuk tujuan transaksi tergantung pada besarnya pendapatan. Semakin tinggi pendapatan seseorang semakin banyak jumlah uang yang digunakan untuk melakukan transaksi.
b)     Motif Berjaga-jaga (Precautionary Motive)
Oleh masyarakat, uang digunakan untuk memenuhi kebutuhan masa depan yang tidak dapat diduga sebelumnya. Hal-hal tak terduga, misalnya anggota keluarga yang sakit atau kedatangan tamu di luar kota. Untuk menghadapi keperluan semacam itu masyarakat merasa perlu memegang uang keperluan berjaga-jaga. Besarnya uang yang disimpan untuk berjaga-jaga juga ditentukan oleh besarnya pendapatan.
c)      Motif Spekulasi (Speculative Motive)
Spekulasi berarti membuat pilihan dengan harapan melakukan hasil yang tinggi. Contohnya membeli surat-surat berharga seperti obligasi, dan saham perusahaan. Faktor yang menentukan dalam melakukan pilihan ini adalah hasil yang akan diperoleh dari pemilikan surat-surat berharga tersebut. Para pemegang uang akan bersedia memiliki surat-surat berharga apabila surat berharga tersebut memberikan tingkat pendapatan yang tinggi. Jika tidak, niscaya mereka akan lebih suka memegang uang. Dengan demikian, permintaan uang untuk tujuan spekulasi ditentukan oleh tingkat bunga.

1.2         Jenis Uang
Uang yang beredar di tengah masyarakat dapat dibedakan menjadi:
1.2.1        Uang Kartal
Uang kartal dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan dicetak oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta. Uang yang kita gunakan sehari-hari untuk keperluan membeli barang dinamakan uang kartal. Uang kartal yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia ada dua macam, yaitu uang logam dan uang kertas.
1.2.2        Uang logam
Biasanya, uang logam dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang yang bernilai kecil (uang receh).
1.2.3        Uang kertas
Penggunaan uang logam kadang-kadang merepotkan untuk melakukan pembayaran yang bernilai besar. Dalam jumlah besar, uang logam sulit dibawa Kemana-mana karena bertanya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang yang ringan dan praktis, pemerintah yang dalam hal ini Bank Indonesia mengeluarkan uang kertas.
1.2.4        Uang Giral
Simpanan uang di bank dapat berbentuk giro (rekening koran) yang boleh diambil sewaktu-waktu. Pembayaran dengan uang giral dapat dilakukan dengan cek, giro bilyet, dan pemindahan telegrafis. Deposito di bank yang dapat setiap saat ditarik (dengan cek) dapat dikategorikan sebagai uang. Deposito dapat memenuhi fungsi-fungsi uang, dapat dikategorikan sebagai uang. Dan bahkan makin maju suatu perekonomian jenis uang giral ini proporsinya terhadap jumlah total uang beredar makin besar.
1.2.5        Cek
Cek adalah surat perintah dari nasabah yang mempunyai simpanan di bank. Cek ditujukan oleh nasabah pada bank untuk membayar sejumlah uang secara tunai kepada pihak yang disebutkan dalam surat perintah (cek) tersebut.
1.2.6        Bilyet Giro
Bilyet giro adalah surat perintah dari nasabah bank yang ditujukan pada suatu bank. Tujuan bilyet giro adalah untuk memindah bukukan sejumlah uang dari rekening nasabah bank pada rekening nasabah lain yang ditunjuk.
1.2.7        Pemindahan Telegrafis
Pemindahan melalui telegrfais merupakan pembayaran yang dilakukan dengan pemindahan antar rekening di suatu bank yang sama. Tetapi, perintah pembayarannya dilakukan melalui telegram. Pembayaran cara itu dilakukan bila jarak antara orang yang membayar dan orang yang dibayar berjauhan, sedangkan mereka ingin melakukan pembayaran secara cepat.
1.2.8        Uang Kuasai
Uang kuasai terdiri atas deposito berjangka dan tabungan serta rekening Valuta Asing milik swasta domestik. Apabila kriteria uang didasarkan pada fungsinya, maka sebenarnya tabungan ini tidak termasuk ke dalam pengertian uang. Namun, ada yang berpendapat bahwa seorang itu dapat mewujudkan kekayaannya dalam berbagai bentuk seperti: tanah, rumah, uang, perhiasan dan bahkan berbentuk tabungan. Maka memasukkan tabungan ke dalam pengertian uang dapat dimengerti. Argumentasi lain untuk memasukkan tabungan ke dalam pengertian uang dengan melihat apakah ada kemungkinan saling mengganti antara tabungan dengan uang giral. Apabila ada maka tabungan dapat dimasukkan ke dalam pengertian uang.


1.3        Nilai Uang
1.3.1 Nilai nominal dan nilai intrinsik.
1)        Nilai nominal
Nilai nominal adalah nilai yang tertera dalam suatu mata uang.
Contoh: kalau kalian memiliki uang saku sebesar Rp 5.000,- yang berwujud selembar uang lima ribuan, tentu saja kalian menemukan tulisan “lima ribu rupiah” dan angka “5000”. Karena uang tersebut bertuliskan lima ribu maka pemerintah dan seluruh anggota masyarakat menerima uang tersebut dengan nilai lima ribu rupiah, berarti lima ribu itu merupakan nilai nominalnya.
2)        Nilai intrinsik
Nilai intrinsik adalah nilai bahan untuk membuat uang. Contoh: kembali kepada uang saku kalian yang bernilai nominal lima ribu rupiah. Biaya yang diperlukan untuk mencetak selembar uang lima ribu rupiah tersebut mungkin tidak lebih dari lima ratus rupiah. Biaya untuk membuat uang tersebut yang disebut nilai intrinsik. Biasanya, nilai nominal uang kertas lebih besar dari pada nilai intrinsiknya, sedangkan untuk uang logam, nilai nominalnya nyaris sama dengan nilai intrinsiknya.

1.3.2 Nilai Internal dan Nilai Eksternal
1 ). Nilai internal uang
Nilai internal adalah nilai tukar uang terhadap barang. Nilai internal uang juga disebut nilai riil uang. Nilai mata uang yang dikatakan turun apabila dengan jumlah uang yang sama, jumlah barang yang dapat dibeli dengan uang tersebut menjadi lebih sedikit dari sebelumnya. Dalam ilmu ekonomi, jika nilai riil uang turun secara umum disebut inflasi yang ditandai dengan naiknya harga-harga barang pada umumnya. Sebaliknya, jika nilai riil uang naik secara umum disebut deflasi yang ditandai dengan turunnya harga-harga barang pada umumnya.
2). Nilai eksternal uang
Nilai eksternal uang adalah nilai tukar suatu mata uang dengan mata uang asing. Nilai eksternal uang sering disebut juga kurs mata uang. Karena tiap-tiap negara mempunyai mata uang, maka adanya hubungan ekonomi antarnegara menimbulkan kurs (nilai) mata uang untuk berbagai mata uang asing.
Contohnya: orang Indonesia mengimpor barang dari Jepang, maka eksportir Jepang menghendaki pembayaran dalam mata uang Yen, maka orang Indonesia harus menukarkan uang rupiah ke dalam mata uang Yen. Dasar pertukaran tersebut adalah kurs rupiah terhadap yen.
Pertukaran suatu mata uang dengan mata uang lain dilakukan di bank-bank devisa yang melayani pertukaran mata uang asing (money changer).

1.4        Standar Uang
1.4.1 Standar Kembar
Standar kembar terjadi apabila pemerintah menggunakan emas dan perak sebagai dasar nilai mata uangnya. Caranya, harga perak ditetapkan, misalnya $ 1,293 per gram dan emas sebesar $ 19,395 per gram. Dengan demikian perbandingan nilai antara perak dengan emas adalah 15:1. Perbandingan ini disebut mint ratio. Artinya, harga emas 15 kali harga perak. Pemerintah bersedia untuk membuat uang pada perbandingan tersebut, semua emas dan perak yang ditawarkannya. Demikian juga masyarakat bebas untuk melebur uang menjadi logam mulia dan sebaliknya.
1.4.2 Standar Emas
Sebenarnya sangat sulit untuk memberikan gambaran tentang standar emas ini, karena bentuk dari sistem ini bermacam-macam. Namun secara umum dapat dikatakan bahwa suatu negara memakai sistem standar emas apabila nilai mata uangnya, dikaitkan atau didasarkan atas nilai seberat emas tertentu. Masyarakat bebas untuk melebur mata uang emas atau membuat emas batangan menjadi mata uang kertas serta menukarkan mata uangnya (yang bukan emas) dengan emas atau sebaliknya dengan perbandingan yang telah ditentukan oleh bank sentral.
1.4.3 Fiat Standar
Masalah pokok yang timbul dari standar barang emas dan perak adalah kurang praktis apabila transaksi yang dilakukan dalam jumlah besar. Atas dasar alasan ini, kemudian beredar surat emas atau perak sebagai pengganti emas atau perak yang disimpan. Surat emas atau perak ini semula dijamin 100% dengan emas/perak yang tersimpan kemudian berangsur-angsur jaminan ini makin berkurang. Semula memang pengeluaran surat emas ini sebagai bukti atas pemilikan emas yang tersimpan, dimana setiap saat si pemilik dapat mengambil emas tersebut.

5 komentar:

  1. Halo,
    Saya adalah Mrs. margaret pedro, pemberi pinjaman swasta dan CEO perusahaan pinjaman Margaret pedro, di mana kami menawarkan pinjaman kepada semua individu di seluruh benua asia, eropa dan sekitarnya, kami memberikan semua jenis pinjaman, seperti pinjaman usaha, pinjaman sekolah , Pinjaman perumahan, pinjaman investasi, pinjaman untuk membeli mobil dan membangun rumah, pinjaman untuk industri yang sedang berjalan, dll. Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, hubungi kami hari ini untuk mengetahui kesulitan keuangan Anda dan kami akan memberikan solusi permanen untuk masalah keuangan Anda dan membantu kehidupan finansial Anda stabil lagi. Hubungi kami melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com
    APLIKASI DATA
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelumnya:
    16) Tanggal Lahir:
    Ibu, CEO Margaret.
    Email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  2. Halo,
    Allah SWT telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya karena menggunakan Ibu Margaret untuk mengubah situasi keuangan kehidupan saya menjadi lebih baik dan stabil sehingga saya sekarang memiliki bisnis saya sendiri di kota.
    Nama saya Wani Binti Yasin dari kota Medan di Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Margaret yang telah membantu saya dengan pinjaman yang bagus setelah saya mendapat banyak uang di tangan pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya atas uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Kuala dimana saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya. dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena ini, saya berhutang budi kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak memiliki seseorang untuk dijalankan, sampai pada suatu hari yang setia bahwa seorang teman saya menelepon Nur Syarah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman Ibu Margaret, jadi saya harus menghubungi Nur Syarah dan dia memberi tahu saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu Margaret bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi ibu Margaret dan saya terkejut bahwa pinjaman saya adalah proses d dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah sebuah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan bagus Mother Margaret
    jadi saya akan saran semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Margaret melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang ibu Margaret melalui saya email: wanibintiyasin@gmail.com dan anda masih bisa menghubungi teman saya Nur Syarah yang mengenalkan saya ke Ibu Margaret via email: nursyarah36@gmail.com
    semoga Allah terus memberkati dan menyayangi Ibu Margaret untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  3. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Saya Amisha, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 29 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Suzan Leo memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: (suzaninvestment@gmail.com). Email pribadi saya sendiri: (Amisha1213@gmail.com). Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    BalasHapus
  4. My Brothers and Sister all over the world, I am Mrs Boo Wheat from Canada ; i was in need of loan some month ago. i needed a loan to open my restaurant and bar, when one of my long time business partner introduce me to this good and trustful loan lender DR PURVA PIUS that help me out with a loan, and is interest rate is very low , thank God today. I am now a successful business woman, and I became useful. In the life of others, I now hold a restaurant and bar. And about 30 workers, thank GOD for my life I am leaving well today a happy father with three kids, thanks to you DR PURVA PIUS Now I can take care of my lovely family, i can now pay my bill. I am now the bread winner of my family. If you are look for a trustful and reliable loan leader. You can Email him via,mail (urgentloan22@gmail.com) Please tell him Mrs Boo Wheat from Canada introduce you to him. THANKS

    BalasHapus